cam-morin-655384-unsplash(1)

Strategi Menciptakan Kaos Distro

Distro telah menjadi pusat pencarian kaos, kemeja, celana dan lain-lain bagi generasi milenial pada era sekarang untuk memenuhi kebutuhan fashion mereka. Persaingan bisnis distro di indonesia kini sanagat ketat, mereka berlomba-lomba memasarkan dan mengenalkan brand distro mereka melalui desain-desain kaos yang di produksi. Mulai desain yang bertema mellow hingga desain bertema underground. Lalu bagaimana cara membuat desain kaos distro ?

Berikut cara membuat desain kaos distro :

1. Dalam membuat sebuah desain dibutuhkan garis besar yaitu konsep, hal ini terbilang penting karena akan menginterpretasikan sebuah karya dari desain. Kita tahu bahwa setiap hal mempunyai arti, dan bahkan orang akan menyukainya karena desain tersebut tidak hanya bagus di gambarnya saja.

2. Diperlukan sebuah ilmu dalam membuat desain karena hal ini tidak bisa asal-asalan. Minimal anda bisa menyusun konsep atau deskripsi yang bisa di aplikasikan pada desain anda.

3. Gunakan aplikasi yang user friendly pada komputer anda, terdapat beberapa aplikasi yang bisa anda pelajari, yaitu : CorelDraw, AdobePhotoshop, Adobe Ilustrator, dll. Gunakan youtube sebagai buku panduan anda selama ingin mempelajari option-option pada aplikasi tersebut.

4. Setiap desain biasanya diawali oleh sketsa pada kertas, yang nantinya akan di scan dan mulai diolah di komputer menggunakan aplikasi tersebut. Anda bisa memilih diantara beberapa aplikasi yang bisa anda kuasai.

5. Setelah melalui proses pengolahan desain gambar, sampai disini anda bisa menjadikan sebuah Mock Up (Contoh Tampilan Desain Pada Kaos, Jaket, dll).

6. Lalu masuk ke proses Pecah Warna dimana hal ini sangat penting karena akan diaplikasikan pada screen sablon yang akan digunakan untuk proses sablon.

7. Jika sudah selesai pecah warna maka nanti setiap gambar yang sudah di ubah ke warna hitam akan di print ke kertas kalkir. Dimana setelah di print ini maka akan lanjut ke proses afdruk dari kertas kalkir ke media screen sablon.

8. Dalam proses afdruk sablon ini anda akan membutuhkan setidaknya ruangan yang bercahaya minim, dan kotak lampu untuk melakukan proses afdruk.

9. Setelah selesai proses afdruk maka selanjutnya anda akan mulai memasukan tinta ke bagian dalam screen dengan diarahkan ke bagian kaos yang diinginkan.

10. Pengaplikasian ini adalah proses awal sablon yang nantinya akan dilanjutkan dengan beberapa proses lagi. Pengeringan menggunakan hotgun / hairdryer, lalu setrika upda atau steam dan barulah ke proses pengemasan atau packing.

 

Sumber : Cara Membuat Desain Kaos Distro Merk Sendiri

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *