daniel-spase-782005-unsplash(1)

Cara Merawat Pakaian Anak Agar Tahan Lama

Untuk para orang tua sudah pasti ingin memberikan hal yang terbaik bagi buah hatinya. termasuk dari cara mendidik, membimbing, dan semua hal terbaik yang dapat mendukung tumbuh kembang si anak. Penampilan biasanya dapat mencerminkan kepribadian seseorang, sehingga banyak pula orang tua yang turut andil dalam penampilan anaknya. Salah satu hal yang dapat mendukung penampilan dapat terlihat dari pakaian atau busana yang dikenakan. Pakaian banyak dijual pada toko-toko atau pasar di seluruh Indonesia, selain itu tidak perlu khawatir apabila anda merasa tidak ada waktu untuk dapat membelikan baju atau pakaian anak, karena sekarang ini ada banyak sekali toko baju anak online yang tersebar luas di internet dengan model-model terbaru dan harga tetap terjangkau. Namun hal terpenting yang harus diketahui para orang tua yang baik adalah tidak hanya cukup sukses menentukan pilihan pakaian bagi si anak, cara perawatan semua jenis pakaian anak juga sangatlah penting karena dapat berpengaruh terhadap penampilannya.

Pada umumnya semua jenis pakaian menjadi cepat rusak karena kebanyakan pemiliknya tidak mengerti cara merawat pakaian agar awet dan selalu tampak baru, tidak terkecuali juga pada pakaian anak perempuan. Hal paling terpenting yang sangat mendasar untuk merawat pakaian adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kainnya. Karena biasanya setiap jenis kain memerlukan perawatan yang berbeda.Akan tetapi kesalahan yang sering dilakukan para orang tua pada saat mencuci yaitu selalu menyamakan atau mencampur pakaian dewasa dengan anak-anak. Padahal jika itu terus menerus dilakukan akan merusak dan mengurangi kualitas pakaian si anak.

Berikut langkah – langkah tips mencuci dan merawat baju anak :

1. Sebelum anda mencuci pakaian anak, pastikan anda terlebih dahulu membaca label yang terdapat pada pakaian/celana tersebut. Biasanya dalam label tersebut akan tertera mengenai jenis kain dan saran perawatannya.

2. Saat anda akan memasukkan pakaian anak ke dalam cucian anda, ada baiknya jika anda membalik pakaian tersebut. Hal ini untuk menjaga warna dari busana anak tersebut agar tetap awet.

3. Periksa seluruh isi kantong pakaian anak anda, pastikan tidak ada benda-benda yang akan dapat merusak pakaian anak anda saat di cuci. Jika pakaian atau celana tersebut memiliki resleting, sebaiknya anda tutup terlebih dahulu resletingnya.

4. Pisahkan busana anak anda dengan pakaian lainnya, terutama sekali di kelompokkan sesuai dengan warna dan hindari untuk mencampurnya dengan pakaian yang mudah luntur.

5. Untuk mencuci pakaian anak, sebaiknya anda memilih deterjen yang berkualitas dan lembut serta tidak mengandung pemutih. Ini untuk menjaga kesehatan anak saat mengenakan pakaiannya.

6. Usahakan untuk tidak merendam baju anak anda terlalu lama.

7. Jangan menyikat pakaian anak anda dengan terlalu keras. Jika anda ingin menyikatnya atau menguceknya usahakan menyikatnya atau menguceknya dengan lembut.

8. Untuk membilas cucian pakaian anak, usahakan membilasnya dengan menggunakan air yang mengalir. Hal ini di maksudkan untuk memastikan bahwa sisa-sisa deterjen yang mungkin masih tertinggal di baju anak anda dapat terbilas bersih.

9. Pilihlah tempat yang tidak terlalu terik atau terkena sinar matahari secara langsung dalam menjemur busana anak anda. Dan usahakan untuk membalikkanya saat anda menjemur busana anak anda.

10. Pilihlah level panas yang sesuai dengan jenis bahan busana anak anda saat anda menyetrika pakaian anak anda. Jangan menyetrika busana si kecil jika masih lembab.

11. Untuk menyimpannya, usahakan untuk menyimpannya sesuai dengan kategori yang ada.

12. Dan hindari untuk menggantung kaos anak dengan menggunakan hangger saat anda menyimpannya (tips ini khusus untuk kaos anak).

13. Anda boleh menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian anak anda. Tapi saya saranakan untuk membatasi penggunaan mesin cuci dalam mencuci busana anak anda.

 

Sumber : Tips Merawat Busana Anak atau Baju Anak.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *